Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 13 September 2009

Memenangkan Wacana Publik

Demokrasi adalah sistem yang disusun untuk mewadahi heterogenitas. Para teoretisi konflik, seperti Hugh Miall, Oliver Ramsbotham, Tom Woodhouse, Lewis Coser, dan lainnya, menyatakan bahwa konflik adalah bagian yang inheren dalam kehidupan sosial politik dan mengekspresikan heterogenitas tersebut. Konflik menjadi semakin rumit sejalan dengan tingkat kerumitan heterogenitas masyarakat. Salah satu titik perbedaan dalam masyarakat terletak pada keragaman ide, aliran pemikiran dan ideologi, nilai dan kepercayaan, atau semua yang mungkin kita sebut sebagai produk akal manusia.

Oleh karena sifat mayoritas merupakan salah satu ukuran dalam demokrasi, maka pengaruh sebuah pemikiran ditentukan oleh kemampuannya menjadi arus di masyarakat. Karena itu, opini publik menjadi salah satu institusi terpenting dalam demokrasi. Sama pentingnya dengan lembaga legislatif dan lembaga eksekutif. Artinya, wacana publik harus dimenangkan dulu sebelum kita memenangkan wacana legislasi dan memenuhi lembaga eksekutif.

Haruskah kita punya “media” kalau kita ingin memenangkan wacana publik? Inilah perdebatan yang sering terjadi di kalangan para duat setiap kali diskursus tentang memenangkan wacana publik mengemuka. Saya termasuk yang percaya bahwa tugas memenangkan wacana publik tidak selalu dapat disederhanakan hanya dengan memiliki media. Memenangkan wacana publik adalah seni tentang bagaimana mempengaruhi dan menyusun kerangka pemikiran masyarakat. Atau, bagaimana membuat mereka berpikir dengan cara yang kita inginkan, bagaimana membuat mereka mempersepsikan sesuatu dengan lensa yang kita kenakan kepada mereka.


Dunia Pikiran

Pikiran adalah referensi yang diperlukan masyarakat untuk memberi arah, merasionalisasikan sikap dan tindakan, membantu menentukan pilihan, menjawab pertanyaan-pertanyaan, dan memberikan solusi. Tatkala Uni Soviet runtuh di awal dekade ’90-an, orang-orang Barat merayakannya sebagai kemenangan kapitalisme dan ekonomi pasar. Bagi mereka, komunisme tidak lagi sanggup menjawab tantangan zaman yang dihadapi masyarakat. Komunisme mengalami kemarau dan kekeringan yang tidak kunjung selesai manakala negara yang menyangga kemudian kehabisan nafas untuk bertahan.

Maka, syarat pertama yang harus kita miliki adalah kekayaan pikiran. Dan, ini ditentukan oleh dua hal. Pertama, kekayaan dan orisinalitas referensi. Kedua, kemampuan mengeksplorasi referensi dan memformulasikannya untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan zaman. Kita memiliki yang pertama, tetapi harus berlatih untuk memiliki yang kedua. Kita mempunyai Al-Qur’an dan Sunnah, namun kita berijtihad untuk “menemukan mutiara-mutiaranya”.

Syarat kedua adalah struktur pemikiran yang sudah kita formulasikan itu harus kuat dan solid. Kesolidan terbentuk ketika mencakup semua bagian yang inheren di dalamnya dan pada waktu yang sama mempunyai daya tahan terhadap kritik dari luar.
Sebuah pemikiran dengan struktur yang solid akan berpengaruh pada tiga hal. Pertama, pada tingkat kejelasan pikiran dalam benak kita dan pada keseluruhan susunan kesadaran kita. Kedua, pada tingkat keyakinan kita terhadap pemikiran tersebut, yang biasanya selalu tinggi. Ketiga, pada kemampuan kita membahasakannya atau pada daya ungkap yang tercipta dari kejelasan pikiran tersebut. Semakin jelas pemahaman kita terhadap suatu pikiran, semakin sempurna kemampuan kita membahasakannya.

Syarat ketiga adalah kemampuan kita meyakinkan publik. Kemampuan ini sekarang telah berkembang menjadi sebuah pengetahuan baru yang dalam hal ini orang-orang tidak lagi mempertanyakan kebenaran dari sebuah pemikiran, tetapi berpikir bagaimana menjadikannya sebagai milik publik.

Syarat ketiga bertumpu pada beberapa hal. Pertama, pada penguasaan teoretis terhadap pikiran yang ingin kita sosialisasikan. Kedua, pada penguasaan kita tentang struktur pemikiran orang lain dan varian-varian yang membentuknya. Ketiga, pada kejelian kita dalam menentukan entry point yang tepat untuk melakukan penetrasi terhadap pemikiran orang lain. Keempat, pada kemampuan menemukan format bahasa yang tepat dengan struktur kesadaran, bentuk logika, kecenderungan estetika kebahasaan, dan situasi psikologis, serta momentum yang mengkorelasi pikiran kita dengan suasana mereka. Inilah penjelasan dari sabda Rasulullah SAW, “Berbicaralah kepada orang lain sesuai dengan tingkat pemikiran mereka.”

Fenomena Ikhwan

Mungkin tepat untuk menjadikan Ikhwanul Muslimin sebagai sebuah contoh. Banyak pengamat mengklaim kegagalan Ikhwanul Muslimin ketika gerakan itu, meskipun telah memasuki usia tiga perempat abad, tidak pernah mampu menguasai sebuah negara dan merealisasikan cita-cita politiknya.

Saya kira mereka salah. Kalau orang menjadikan Mesir sebagai ukuran, barangkali memang Ikhwan belum berkuasa di negeri itu. Akan tetapi, kalau “akal dunia Islam” yang menjadi ukuran, maka kita harus mengatakan bahwa pustaka dunia Islam saat ini dipenuhi oleh para pemikir Ikhwan. Dalam dunia pemikiran Islam, mereka telah menjadi referensi. Bahkan, mereka kemudian menjadi representasi peradaban Islam modern, yang dari sana Barat menentukan cara memahami gejolak kebangkitan dan dinamika pemikiran dunia Islam. Itulah kemenangan yang hakiki, yang memberikan nafas bagi gerakan ini dari balik jeruji besi dan tiang gantungan.

Namun demikian, tetaplah harus ditegaskan bahwa tugas memenangkan wacana publik menuntut kita memiliki media. Akan tetapi, memiliki media saja tidak cukup untuk menjalankan tugas ini. Yang jauh lebih penting adalah memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan sebelumnya: kuasailah kerangka pemikiran Islam, pelajari cara mereka berpikir, tentukan pintu masuk ke dalam akal mereka, pilihlah format bahasa yang sesuai dengan situasi mereka, dan berbicaralah pada saat yang tepat.
Menjadi issue maker mungkin lebih strategis ketimbang sekadar memiliki media. Tetapi, menjadi keduanya tentu saja lebih sempurna. [Penulis : Anis Matta]

dari blog --> http://muchlisin.blogspot.com/2009/01/memenangkan-wacana-publik.html

1 komentar:

  1. Saya lebih percaya gerakan da'wah memutuskan untuk segera memiliki media. kaetimbang terus bermimpi sebagai seorang issue maker. Kalau kita melihat bagaimana Golkar memiliki dua buah statisun televisi, Metro TV dan TV One. Itu luar biasa... Memilik media mutlak bagi gerakan da'wah, disamping menjaga seluruh agenda2 da'wah, yang paling terpenting adalah terjaganya gerakan da'wah dari pencampuran perusakan gerakan yang tlah ada pada media,dan inilah yg terjadi kalo kita mengambil opsi meng-kapitalisasi media2 yg tlah ada utk kepetingan da'wah.

    BalasHapus